Berita

MAN 2 Turen Runtuh Akibat Gempa Malang, 55 Personel TNI Bersihkan Puing Reruntuhan

Minggu, 11 April 2021 - 11:20
MAN 2 Turen Runtuh Akibat Gempa Malang, 55 Personel TNI Bersihkan Puing Reruntuhan Para personel TNI AD Kodim 0818 Malang-Batu saat membantu membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan di MAN 2 Turen pasca Gempa, Minggu (11/4/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES SABANG, MALANGGempa Malang Sabtu (10/4/2021) kemarin mengakibatkan setengah dari bangunan sekolahan MAN 2 Turen, Malang rusak dan runtuh.

Pondasi bangunan yang ambruk total hingga beberapa ruangan yang runtuh mengakibatkan banyaknya puing-puing berserakan di wilayah sekolah tersebut.

Puing Reruntuhan Turen 2

Untuk membantu kesulitan para petugas sekolahan dan juga masyarakat sekitar, TNI AD Kodim 0818 Malang-Batu menurunkan 55 personel untuk membantu meringankan beban guna membersihkan puing-puing reruntuhan.

Kepala Staf Kodim 0818 Malang-Batu, Mayor Arhanud Djoko Isdianto saat ditemui di lokasi mengatakan, saat ini telah diturunkan sekitar 55 personel yang tergabung dari Koramil Turen yang dibantu juga oleh Koramil Bululawang dan Gondanglegi.

"Untuk dampak dari gempa kemarin itu salah satun yang paling parah kondisinya ada di MAN 2 ini. Jadi kami membantu meringankan beban masyarakat dengan mengerahkan personel untuk membersihkan puing-puing tersebut," ujar Kepala Staf Kodim 0818 Malang-Batu, Mayor Arhanud Djoko Isdianto, Minggu (11/4/2021).

Puing Reruntuhan Turen 3

Untuk rumah yang berada di sekitaran wilayah Turen sendiri pihak Kodim 0818 Malang-Batu terus melakukan upaya membantu meringankan beban masyarakat untuk membersihkan reruntuhan akibat gempa.

"Kondisi lain yang para juga ada di Ampelgading dan Tirtoyudo. Untuk rumah mungkin ada beberapa yang parah. Terus diupayakan oleh pak Danramil juga untuk membantu meringankan beban masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, untuk posko dapur umum sendiri saat ini di masing-masing Koramil telah mendirikan posko di setiap Kecamatan. Sementara untuk posko besarnya sendiri, saat ini telah berada di wilayah Ampelgading sebagai dampak terbesar akibat gempa kemarin.

"Untuk dapur umum sudah di dirikan di Ampelgading oleh BPBD dan juga TNI yang diperintahkan langsung oleh bapak Panglima. Jadi kita membantu dapur umum juga untuk meringankan warga terdampak dan membantu BPBD," jelasnya.

Puing Reruntuhan Turen 4

Total keseluruhan personel yang saat ini dikerahkan oleh Kodim 0818 Malang-Batu sendiri sebanyak 478 personel yang diperbantukan di setiap titik wilayah terdampak gempa.

Selanjutnya, untuk kegiatan rehabilitasi sendiri saat kni masih belum dilakukan. Hal itu dikarenakan memang saat ini masih dalam masa tanggap darurat bencana.

Puing Reruntuhan Turen 5

"Setelah kegiatan tanggap darurat selesai, baru dilaksanakan rehabilitasi atau perbaikan bangunan yang rusak itu. Jadi ini nantinsesuai dengan pentahapan bencana," pungkasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sabang just now

Welcome to TIMES Sabang

TIMES Sabang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.